Layout Manajer



Dalam merancang GUI untuk program java, terjadi kendala salah satunya adalah komponen yang digunakan dapat berpindah-pindah lokasi apabila mer rize frame. Untuk mengatasi solusi tersebut kita harus menggunakan komponen Layout Manajer :
  • FlowLayout
FlowLayout menyusun komponen berdasarkan ukuran defaultmasing-masing, dengan posisi mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah di dalam container yang digunakan.
Contoh:
JPanel panel1 = new JPanel();
panel1.setLayout(new FlowLayout());
  • GridLayout
GridLayout Ada 3 constructor untuk GridLayout:
1.GridLayout(): membuat layout dengan satu kolom per komponen. Hanya satu baris yang digunakan.
2.GridLayout(int rows, int cols): membuat suatu layout berdasarkan jumlah baris dan kolom yang diinginkan.
3.GridLayout(int rows, int cols, int hgap, int vgap): membuat layout berdasarkan jumlah baris dan kolom yang diinginkan, serta ukuran jarak (gap) horisontal maupun vertical untuk setiap baris dan kolom tersebut.

GridLayout menempatkan komponen dengan urutan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

GridLayout akan memaksa setiap komponen untuk menempati space container yang kosong serta membagi rata ukuran space tersebut.


Contoh:
frame.add(panel1);
frame.add(panel2);
frame.setLayout(newGridLayout(2, 1));
  • BorderLayout
BorderLayout menyusun komponen berdasarkan lokasi geografis: NORTH, SOUTH, EAST, WEST, and CENTER. Karena setiap komponen diasosiasikan dengan suatu arah geografis, akibatnya layout ini hanya dapat menangani maksimal 5 komponen.

Contoh:
frame.setLayout(new BorderLayout( ));
frame.add(new JButton("Button1"), BorderLayout.NORTH );
frame.add(new JButton("Button2"), BorderLayout.SOUTH );
  • CardLayout
CardLayout merupakan layout manager yang mampu menciptakan efek “tumpukan” komponen.
Artinya, layout ini tidak memposisikan komponen di lokasi-lokasi tertentu di dalam kontainer, melainkan menampilkannya satu demi satu.

  • GridBagLayout
GridBagLayout merupakan layaout manager yang sangat fleksibel. Walaupun fleksibel, pembuatan GridBag ini terkadang sangat membingungkan karena kita harus mengatur berbagai sizedan constraint dari setiap komponen yang digunakan

Komentar

Postingan Populer