PIS-10-02_30110425_Cara Kerja Ram

RAM Adalah Komponen Utama Selain Prosesor Untuk Menunjang Kinerja Dalam Hal Kecepatan.
Cara kerja ram sendiri tergantung dari jenis motherboat itu sendiri seperti

  • Motherboat versi lama.

RAM Dikontrol Oleh Sebuah Sirkuit Dengan Nama Memory Controller.Secara Fisik Sirkuit INi Ada Didalam Chipset North Bridge (Intel).


RAM Terhubung Dengan Memory Controller Melalui Serangkaian Kabel.Kabel-Kabel Ini Dibagi Atas 3 Kelompok Yaitu : Data, Address, Dan Control.
Kabel-Kabel Data Bus Membawa Data Yang Akan Dibaca (Dikirimkan Dari RAM Ke Memory Controller,Untuk Disampaikan Kepada Prosesor) Atau Ditulis (Dikirimkan Dari Prosesor Ke Memory Controller,Untuk Disampaikan Kepada RAM).
Kabel-Kabel Dari Address Bus Memberi Tahu RAM Dimana Tepatnya Sebuah Data Diambil Atau Disimpan,Sedangkan Kabel-Kabel Control Mengirimkan Perintah Kepada RAM Atau Memberitahukan Tentang Operasi Apa Yang Telah Dilakukan ( Menulis Atau Membaca).

  • Motherboat versi baru

komunikasi cpu dan ram itu secara langsung karena didalam cpu sudah ada Data bus, Adress Bus dan Control Bus sehingga perbandingan motherboat versi baru lebih cepat transfer datanya ketimbang yang versi lama.



Kecepatan RAM (Clock Rate),Kapasitas Maksimum Dan Jenis (DDR,DDR2,DDR3) Yang Dapat Diterima Oleh Sistem Sepenuhnya Didefinisikan Oleh Chipset ( Untuk Prosesor INTEL) Atau Di Prosesor Itu Sendiri ( AMD ). Jadi Penerimaan Memory DDR 3 Dalam Sistem Intel Bergantung Oleh Chipset Didalam Motherboard (Selain Dari Soket RAM Dari Motherboard Itu).
  • Tips Memilih RamPilih DDR yang versi 3
  1. Bandwitch nya besar
  2. latency yang semaik kecil semaik besar

Jenis Ram
  • Single Chanel
single chanel biasanyya ramnya satu atau dua
ram yang pertama biasanya DDR3 1 GB
RAM yang kedua DDR3 2GB. Ibaratnya jika jalan tol lebarnya besar tetapi jalur masuknya satu sehingga memeri jenis ini agak lambar dalam transfer data

  • Dual Chanel
Dual Chanel yaitu 2 RAM Yang Identik (Sama Dalam Hal Kapasitas,Clock Rate Maupun Lainnya...Kalo Bisa Merk Sama Ataupun Beli Yang Sudah Dibundel/Paket)
kalau yang ini pintu masuka tranfer datanya

  • Cara menghitung Ram

1. Jenis RAm :PC 3200 DDR1/64b=8 byte
2. Clock Speed : 3200/2*8= 200Mhz
3. Clock Cycle : DDR1 21=2
4. Bus Speed = CL * CS = 2 * 200= 400Mhz
5. Bus Warn = 8 Byte
6. Bandwitch = 3200
7. Cycle Time = 1/clock speed = 1/200mhz =
1/2.106 s =1/2 108 ns

Penulis
Sulaeman Rasyid

Komentar

Postingan Populer